Pangdam Pattimura: TNI Siap Membantu Mengamankan Pemilukada di Maluku

 

MALUKU PW Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., hadir sebagai narasumber pada Rapat Koordinasi Daerah Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, bersama KPU Kabupaten/Kota se- Maluku, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Prov. Maluku, bertempat di Grand Ballroom The Natsepa Resort and Conference Center, Desa Suli, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Senin (20/5/2024).

Pada kesempatan ini Pangdam menyampaikan, kontribusi TNI dalam pelaksanaan tahapan Pemilukada tahun 2024 yaitu, Memberikan bantuan kepada Polri secara maksimal, Mengoptimalkan peran forkopimda, Melaksanakan meping terhadap daerah rawan konflik, dan pembinaan teritorial.

“Kami siap membantu Polri dalam tugas mengamankan Pemilukada tahun 2024 di Maluku”, tegas Pangdam.

Lanjut dijelaskan, pihaknya menyiapkan kurang lebih 1830 personil TNI untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pemilukada tahun 2024, dan menyiapkan personil cadangan kurang lebih 500 personil yang digunakan sewaktu-waktu jika ada perubahan situasi, beserta Alusista yang diperlukan.

Selain itu, disampaikan bahwa, potensi gangguan netralitas bisa saja terjadi. Untuk itu Pangdam berpesan, petugas KPU harus betul-betul menentukan sikap dan komitmen kenetralitasannya, sehingga Pilkada Maluku bisa sukses.

“Petugas KPU agar, mewaspadai kecurangan dalam penghitungan suara pada Pemilukada”, pungkasnya .

Sebelum menyampaikan tentang Pemilukada, Pangdam juga mensosialisasikan tentang, perubahan nomenklatur Kodam yang sebelumnya Kodam XVI/Pattimura menjadi Kodam XV/Pattimura dan HUT Kodam yang semula tanggal 15 Mei (1999) menjadi 27 Mei (1957) kepada audiens.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Maluku yang diwakili oleh Ka. Kesbangpol Prov. Maluku, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH.,M.Hum., Kabinda Prov. Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, SH., KPU-RI Nanang, Ketua KPU Prov. Maluku dan para Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Maluku.@/red

Related posts